Pengumuman Proposal PKM 2011 yang Didanai Dikti KLIK DISINI

Apa hal yang paling kamu harapkan di FMIPA UNDIP?

Senin, 24 Januari 2011

Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Mipa 2010


Pengelolaan Mahasiswa Baru yang sering menjadi kontroversi dikalangan mahasiswa baru, bahkan menjadi “momok” Yang sering di disebut-sebut OSPEK dikalangan mahasiswa baru, bahkan pengelolaan mahasiswa baru bukan hanya menjadi momok bagi mahasiswa baru tetapi juga dikalangn pihak pengelola perguruan tinggi, lantaran pernah menjadi suatu hal yang tidak diinginkan dalam masa proses pengelolaan mahasiswa baru. Pengelolaan Mahasiswa Baru hakikatnya adalah starting point bagi mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh tentang kultur yang ada difakultas, jurusan dan atau program studi masing-masing, dalam hal ini kultur akademis, interaksi antar mahasiswa baru dan mahasiswa lama, dll.

Proses Pengelolaan Mahasiswa Baru sering disalah artikan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, entah dari panitia maupun senior, semua beralasan demi keakraban, tapi apakah dengan cara menyuruh untuk push up,dan instruksi yang melanggar Hak Asasi Manusia bisa mengakrabkan antara senior dan junior??? Pertanyaan besar bagi kita semua.

Proses Pengelolaan Mahasiswa Baru harapannya menjadi suatu program turunan dari Tri Dharma Perguruan Tiinggi, yang dimana tidak ada sama sekali kekerasan dalam proses pengelolaan, proses pengloalaan mahasiswa baru harapannya bisa menjadi pengawalan kepada mahasiswa baru yang masih belum tahu akan kehidupan kampus, di Fakultas MIPA kita ambil contoh, peran senior dari setiap lembaga, jurusan maupun fakultas turt serta dalam melakukan proses pengawalan kepada mahasiswa baru dengan cara memberikan tugas yang memacu kreatifitas, bahkan membangkitkan jiwa scientist para scientist muda bangsa yaitu ditugaskan membuat Poeter penelitian, dari tahap awal seperti ini harapannya dapat melahirkan Habibie baru.

PMB fakultas MIPA Berangsur-angsur menuju kearah yang lebih baik tanpa menghilangkan esensi dari cinta kepada jurusan dan atau program studi. Sebenarnya PMB bisa menjadi suatu kegiatan yang sangat bermanfaat apabila semua pihak yang terlibat bisa saling bersatu untuk melakukan suatu proses kaderisasi yang sehat untuk menuju PMB MIPA yang penuh dengan CINTA(Cerdas,INtegritas,TAnggung jawab).

Oleh: Syafaat Fahmi

0 Komentar: