Pengumuman Proposal PKM 2011 yang Didanai Dikti KLIK DISINI

Apa hal yang paling kamu harapkan di FMIPA UNDIP?

Selasa, 01 Februari 2011

Ijazah Ilmu Komputer Undip Tak Laku di Bursa Kerja


Suaramerdeka.com-Surat ini saya tujukan kepada rektor Universitas Diponegoro (Undip) dan dekan FMIPA serta Forum Rektor Indonesia. Nama saya Ayu Paramita Arifin Putri, alumni program studi ilmu komputer Undip angkatan 2004 dengan NIM J2F004261, lulus 15 September 2009.

Melalui surat ini saya ingin menyampaikan bahwa ijazah ilmu komputer yang saya miliki ternyata tidak bisa dijadikan syarat mengikuti seleksi CPNS Kementerian Departemen Perdagangan, Departemen Keuangan, dan beberapa departemen di Indonesia yang hanya menerima formasi teknik informatika.

Hal ini disayangkan, bukankah dari awal kuliah kami dijelaskan bahwa program studi yang kami pilih yaitu ilmu komputer sama dengan teknik informatika (Mengacu SK Dirjen Dikti No 163 Tahun 2007 tanggal 29 November 2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi), serta untuk sekarang ini program studi ilmu komputer sudah berganti nama menjadi program studi teknik informatika (mengacu SK Rektor No 2258/D/T/K-N/2010 tanggal 21 Mei 2010 tentang Perpanjangan Izin Program Studi Teknik Informatika) .

Kami para lulusan ilmu komputer dengan kompetensi yang sama dengan para lulusan teknik informatika tidak mendapat kesempatan yang sama untuk bisa mengikuti seleksi CPNS, dikarenakan nama program studi ilmu komputer dianggap tidak sama dengan teknik informatika.

Kesan yang ditimbulkan adalah karena nama program studi ilmu komputer itu tidak laku di bursa lowongan pekerjaan CPNS dan BUMN (walaupun ada beberapa BUMN yang membuka formasi Ilmu Komputer). Lebih menyedihkan lagi, saudara kami program studi sistem informasi sudah memiliki kesempatan yang sama dengan Teknik Informatika dalam formasi penerimaan CPNS.

Melihat fakta di lapangan seperti ini, solusi apakah yang bisa diberikan oleh pihak Universitas Diponegoro bahwa ijazah ilmu komputer yang sudah diterbitkan ternyata tidak laku sesuai dengan kebutuhan pasar mengenai kebutuhan tenaga kerja CPNS dan BUMN ?

Kasus yang saya alami dan teman-teman ilmu komputer di seluruh Indonesia, pernah ditanggapi pihak Fakultas MIPA Undip dengan mengeluarkan surat keterangan yang menyatakan bahwa kami adalah lulusan ilmu komputer setara dengan teknik informatika, tetapi ternyata surat keterangan ini tidak berguna, dan lagi-lagi kami tidak lolos seleksi administrasi CPNS dan BUMN. Sedih dan kecewa, kami merasa seperti dibohongi, ternyata ijazah kami tidak laku untuk seleksi CPNS dan BUMN.

Selama ini saya kuliah dengan biaya mahal, menguras cukup banyak pikiran, waktu, dan tenaga serta berasal dari perguruan tinggi negeri yang ternama, tetapi tidak bisa untuk bersaing mengikuti seleksi CPNS dan BUMN hanya karena nama program studi ilmu komputer yang tertulis di ijazah tidak dikenal di pasar kerja.

Untuk itu saya sangat memohon bantuan kepada rektor Universitas Diponegoro untuk memberikan solusi yang terbaik bagi kami alumni-alumni yang sudah telanjur menggunakan nama program studi ilmu komputer di ijazah dan adik-adik kami yang masih menempuh studi di bangku kuliah untuk dapat memberikan kesempatan kepada kami semua dalam bersaing memperoleh kesempatan kerja.

Ayu Paramita A.P
Jl Taman Mugas Timur 04
RT 08/04 Mugasari, Semarang Selatan
081802491190

7 Komentar:

kami kuliah di UNDIP bukan untuk sekedar menjadi karyawan
kami kuliah di UNDIP juga untuk menjadi seorang wirausahawan
karena memang untuk itulah kami belajar di UNDIP

hari gini masih obsesi jd pns?? Apa kata dunia??? Sudah saatnya kita berwirausaha. Kita kuliah cari ilmu. Bukan cari ijazah. Ckckck.

aduh mahasiswa kok jadi PNS :D

mf nich kk, mnurut sya m.jdi s.orang tnaga pndidik itu suatu hrapn yg brilian cz qta tau bhw tkkan ada org" pnting di dunia ini tnpa ada.y s.org pndidik.!

bentar lagi pns akan naek gaji dan dapat tunjangan remunerasi seperti karyawan swasta...kalo karyawan swasta tahu berapa penghasilan pns yg udah remunerasi pada banyak yg sakit hati nanti...kerja nyantai kok gaji besar...btw jadi pns itu bisa nyambi wirausaha bro...so ane tetep pengen jd pns dan wirausaha...

Masuk akuntansi aja mbak heheh